Usefull Links

Google Adwords Bagi Pemula

Google Adwords Bagi Pemula
Setiap perusahaan yang bonafid akan
memperkenalkan produk atau layanannya
melalui iklan. Ada banyak media digunakan
untuk beriklan, namun di era digital ini, iklan
melalui internet sangatlah penting. Ingin
beriklan di internet? Tentu saja periklanan
Google menjadi pilihan pertama.
Layanan iklan Google terdiri dari dua
layanan, yaitu Google AdSense dan
Google Adwords. AdSense ditujukan
untuk seseorang yang memiliki web untuk
mendapatkan uang dari menampilkan iklan
di website-nya, sedangkan Google AdWords
adalah layanan yang ditujukan untuk orang
atau perusahaan yang ingin beriklan.
Artikel-artikel dalam e-book ini akan
membantu Anda untuk membuat kampanye
iklan Google AdWords untuk mendapatkan
hasil terbaik untuk usaha Anda.

 Google Adwords adalah tempat yang terbaik
untuk memulai beriklan secara online. Hasil
yang Anda dapatkan akan terlihat dalam waktu
yang tidak lama dan pengukuran yang tepat
oleh Google Adwords akan membantu Anda
mengembalikan modal investasi iklan Anda. Yang
lebih menguntungkan lagi, Anda hanya akan
membayar ketika orang meng-klik iklan Anda.


 1. CARA KERJA GOOGLE ADWORDS
Google AdWords adalah sebuah sistem periklanan online. Google AdWords cocok
untuk perusahaan tipe apa saja. Berapa pun budget iklan perusahaan Anda,
Anda tetap bisa beriklan melalui Google dan jaringan periklanannya. Dengan
menggunakan Google AdWords, Anda bisa mencapai target pasar Anda, baik
yang lokal maupun internasional, dan Anda hanya akan membayar ketika ada
pengguna internet meng-klik iklan Anda. 

            2. MENGAPA HARUS MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS

MENEMUKAN TARGET PASAR YANG TEPAT 

 Keuntungan terbesar dari layanan Google AdWords adalah
memungkinkan iklan Anda meraih target pasar yang lebih luas, karena
selain muncul di halaman pencarian Google, iklan Anda juga dapat:
• Muncul di website orang lain
• Muncul di website yang diakses melalui handphone,
komputer tablet, dan perangkat online lainnya
• Menjangkau orang di daerah tertentu atau orang yang
berkomunikasi dengan bahasa tertentu, sesuai dengan target
pasar produk atau jasa perusahaan Anda.

 KONTROL yang LEBIH BAIK

Anda dapat mengedit iklan Anda dengan menyesuaikan anggaran
Anda sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda juga
dapat menampilkan berbagai format iklan dan bahkan menargetkan
iklan ke bahasa dan lokasi geografis tertentu.

IKLAN YANG EFISIEN

Dengan menggunakan layanan Google AdWords, Anda tidak dibebani
syarat pembayaran minimal, Anda hanya akan dikenakan biaya saat
pengguna internet meng-klik iklan Anda. Dengan demikian, biaya iklan
Anda digunakan dengan lebih efisien.


        3. CARA MENGATUR GOOGLE ADWORDS UNTUK BISNIS ANDA

      Dalam bab ini, kita akan membahas dasar-dasar yang Anda butuhkan untuk menguasai sistem periklanan AdWords. Pertama-tama, Anda membuat akun AdWords. Kemudian Anda akan melihat antarmuka pengguna yang di dalamnya terdapat penjelasan dasar-dasar yang harus Anda ketahui mengenai iklan online dan bagaimana cara menyusun kampanye pemasaran.
       Untuk sukses beriklan di Google AdWords dibutuhkan pengetahuan mengenai dasar-dasar sistem AdWords. Kami akan menjelaskan kepada Anda tentang dasar-dasar sistem AdWords di bab berikutnya. Anda bisa mempelajarinya kemudian langsung mempraktekkannya.

 3.1 Membuat Akun Google AdWords

 Caranya sangat mudah. Anda cukup mengakses google.com/adwords
untuk mendaftar. Catatan tambahan: Anda membutuhkan akun Google
untuk mengkonfirmasi pendaftaran melalui email.

 

3.2 Jelajahi Akun Google AdWords

Menu navigasi dibagi menjadi 6 kategori. Kategori-kategori tersebut
akan membantu Anda mengelola akun Anda. Ketika Anda memulai
kampanye iklan, Anda akan menemukan banyak tab yang berisi
informasi berguna untuk kampanye iklan Anda. Tab tersebut berisi
informasi mengenai bagaimana kampanye iklan Anda berlangsung,
seberapa sukses kampanye iklan Anda, dan lain-lain.


 Anda bisa melalui tahapan demi tahapan untuk membuat kampanye
iklan atau menyerahkan pada Google AdWords untuk mengaturnya
secara otomatis. Cara kedua ini mungkin yang terbaik untuk Anda,
karena Anda bisa fokus pada penyempurnaan taktik pemasaran Anda.
Kampanye iklan ini memang membutuhkan perencanaan matang.

               4. Ciptakan Kampanye Iklan Pertama Anda!


       Sekarang Anda siap untuk membuat kampanye iklan pertama Anda. Kami
buatkan contoh kampanye iklan dan Anda bisa memusatkan perhatian pada cara pengoperasiannya. Dalam bab ini, Anda akan belajar membuat
kampanye iklan. Anda juga akan belajar mengenai strategi
pemasaran melalui konten pada bab berikutnya.
      Setiap produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan
harus dibuatkan kampanye iklan tersendiri. Satu kampanye iklan
untuk satu produk atau layanan yang ditawarkan.
Untuk membuat kampanye iklan, Anda hanya tinggal meng-klik tombol.


4.1 Pengaturan Kampanye Iklan

Mempersiapkan kampanye iklan sebaik mungkin sebelum Anda
benar-benar meluncurkannya sangatlah penting. Jika ini sudah Anda
lakukan, maka Anda sudah setengah perjalanan menuju kesuksesan
meraih lebih banyak pengunjung ke web Anda.

Tentukan Nama dan Tipe Kampanye
4. Ciptakan Kampanye Iklan
Pertama Anda!
Pertama-tama, isi nama kampanye Anda. Bagian ini hanya bisa dilihat oleh Anda
dan dibuat khusus untuk memudahkan Anda dalam merancang kampanye Anda.
Di bagian General Setting, Anda bisa memilih jenis kampanye iklan yang Anda
inginkan. Ini juga berarti bahwa Anda bisa menentukan di jaringan mana iklan
Anda akan muncul. Anda bisa memilih:
• Search Network: menampilkan iklan di situs-situs Google termasuk
halaman pencarian Google, halaman belanja (shopping), peta, halaman
pencarian gambar, dan situs-situs pencarian lain yang berkaitan dengan
Google.
• Display Network: menampilkan iklan Anda di lebih dari satu juta
website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Google dan tentu saja
dalam dalam website Google seperti Google Finance, Gmail, Blogger, dan
Youtube.
• Search & Display Network: kombinasi kedua jaringan di atas.
Jika ini kampanye iklan pertama Anda, Anda bisa memulai dengan Search Network
terlebih dahulu karena lebih mudah dipahami.
Fitur-fitur yang ada dibagi menjadi dua:
• Standard
• All Functions
Untuk pengguna awam, kami merekomendasikan Anda untuk memilih fitur
Standard. Fitur ini bisa diubah jika Anda membutuhkannya.

 
Tempat iklan Anda muncul di internet
 Dalam percobaan pertama kali membuat iklan di Google AdWords ini, Anda bisa
memilih Google Search Network. Anda juga bisa menambahkan website partner
ke pencarian. Website partner yang dimaksud adalah website-website yang
menggunakan mesin pencarian Google dalam domainnya.

 

 Untuk pembuatan kampanye iklan pertama ini, kami sarankan Anda untuk
menonaktifkan bagian ini terlebih dahulu.

Komputer desktop, laptop, tablet, dan handphone
Pada bagian ini, Anda bisa memilih pada perangkat apa saja iklan Anda akan
ditampilkan. Pengaturan asli dari bagian ini memungkinkan Anda menampilkan
iklan pada semua perangkat, namun Anda tetap bisa memilih sesuai keinginan
Anda.


 
Anda bisa memilih secara manual jenis perangkat yang Anda inginkan. Jenis
pengaturan manual ini membuat Anda bisa mengubah pengaturan sesuai dengan
keinginan Anda.
Jika Anda memilih untuk mengembalikannya ke pengaturan aslinya, secara
otomatis sistem akan memilihkan untuk Anda di perangkat apa saja iklan Anda
akan muncul.
Jumlah iklan yang muncul di tiap halaman dan bagaimana iklan Anda ditampilkan
akan bergantung pada perangkat yang dipilih.
Sebagai permulaan, kami sarankan Anda untuk memilih dua perangkat saja,
yaitu komputer desktop dan laptop. Jika Anda ingin iklan Anda juga muncul
di perangkat mobile (handphone) dan komputer tablet, Anda harus membuat
iklan yang berbeda dari iklan untuk komputer desktop dan laptop. Jadi untuk
sementara akan kita sisihkan terlebih dahulu.
Pertimbangan ini juga berkaitan dengan sistem operasi (operating system) dari
website Anda. Jika sistem website Anda tidak bisa diakses dari perangkat tertentu,
jangan buang-buang uang untuk menampilkan iklan Anda di perangkat tersebut.

                  5. PERHATIKAN ORGANISASI IKLAN ANDA

 5.1 Struktur Akun

      Kunci untuk iklan yang teroptimasi dengan baik adalah akun yang terstruktur.
Jika kampanye iklan Anda tersusun rapi, Anda akan memiliki iklan yang relevan
dan membuat iklan Anda memiliki kegunaan yang lebih besar.
Ketika Anda menyusun akun Anda, perhatikan tiga level berikut ini: akun,
kampanye iklan, dan grup iklan. Sejauh ini kita sudah membahas mengenai akun
dan kampanye iklan, sekarang saatnya kita membahas grup iklan, teks iklan, serta
kata kunci.
5.2 Struktur Akun Grup Iklan 
 
    Setelah membuat kampanye iklan, Anda siap untuk mengelompokkannya dalam
grup iklan. Ingat, setiap grup iklan harus tematis dan konsisten dengan iklan-iklan
yang ada di dalamnya. Kata kunci pada grup iklan Anda pun harus cocok dengan
teks iklan.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki
kampanye iklan “meja” maka Anda
bisa memiliki grup iklan “meja
makan”, “meja belajar”, dan “meja
kerja”.
Selain mengelompokkan kata kunci
secara tematis pada grup iklan,
Anda juga harus memastikan bahwa
teks iklan selalu cocok dengan kata
kuncinya. Sebagai contoh, grup
iklan “meja makan” akan berisi iklan
berupa “meja makan kayu”, “meja
makan stainless steel”, “meja makan
plastik”.
Grup iklan akan terdiri dari teks iklan
yang sesuai dengan kata kunci yang
nantinya akan meningkatkan Quality
Score Anda.
     Quality Score adalah penilaian tentang sejauh mana iklan Anda relevan dengan
kata kunci dan landing page Anda. Jika Anda memiliki quality score yang tinggi,
Anda akan mendapatkan posisi iklan yang tinggi pula dan CPC (Cost Per Click
– Biaya per klik) yang lebih murah. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk
membuat landing page yang relevan dengan keywords Anda. Contohnya, kata
kunci “meja makan” harus mengarah pada halaman berisi info produk meja,
bukan produk lemari.

Di Poskan Oleh : wwwardilycans.blogspot.com

Plugins Comments